Selamat Datang di Situs akhmadshoim.blogspot.com Cp. 082323989890 e-mail: soimah49@gmail.com

Selasa, 16 April 2013

IAIN Walisongo Terjunkan 814 Mahasiswa KKN di Demak


Demak – Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang menerjunkan sebanyak 814 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-60 Tahun 2013, di pendopo Kabupaten Demak, Selasa (16/4).
Ketua LPM IAIN Walisongo, Dr Muhsin Jamil  memaparkan bahwa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di Demak akan disebar di 62 desa di 4 kecamatan yaitu Demak, Karang Tengah, Guntur dan Karangawen.
Penerjunan Mahasiswa KKN dilakukan Rektor IAIN Walisongo, Prof Dr Muhibbin disambut Bupati Demak yang diwakili Kepala Bappeda Demak Drh Tri Puji Lestari dan Haryanto Kabid Pemsosbud Demak.
Prof Muhibbin mengatakan,  tema KKN ini yaitu Posdaya Berbasis Masjid. Ia menandaskan kepada para peserta agar melakukan proses perubahan masyarakat, pola pikir, dan kreatifitasnya di masyarakat.
“Di harapkan peserta KKN bisa mewujudkan gerakan masyarakat dalam kemandirian dan kesejahteraan, dengan pembangunan dan pengembangan diri keluarga masyarakat melalui sinergisitas lima pilar.
Lima pilar tersebut meliputi, masyarakat, pemerintah setempat, perguruan tinggi, donatur dan lembaga sosial. “Karena dengan Lima pilar itu yang akan bersinergi menghilangkan kemiskinan, ketidakberdayaan dan masalah sosial lainnya,” jelasnya.
Dia berpesan agar mahasiswa senantiasa menunjukkan kebaikannya di masyarakat, lebih-lebih menjadi teladan bagi mereka. ”Sebab para peserta adalah duta besar IAIN, mahasiswa harus bisa membaur dengan masyarakat,” katanya.
Drh Tri Puji Lestari memaparkan, masyarakat Demak berharap mahasiswa KKN dari IAIN mampu menumbuhkan kesejahteraan, meningkatkan kreatifitas, serta menciptakan kerukunan bersama. “Menjaga kehijauan lingkungan, pengelolaan sumber daya lokal, serta membantu sosialisasi pentingnya perlindungan anak dan KDRT lewat KP2PA dan program posyandu,” tandasnya.
Ada tiga poin tujuan KKN yaitu pengintegrasian dari unsur pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan interdisipliner dan lintas sektoral. ”Intinya, belajar dan bekerja di lapangan ikut menyelesaikan persoalan masyarakat.” Ujarnya.
Hadir juga dalam penerjunan Para Pembantu Rektor serta Para Dekan Fakultas, Camat dari keempat kecamatan tersebut yaitu, Edy Suntoro Camat Demak, Ardhito Prabowo Camat Karang Tengah, Muhammad Syahri Camat Guntur dan Yulianto Camat Karang Awen.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites