Selamat Datang di Situs akhmadshoim.blogspot.com Cp. 082323989890 e-mail: soimah49@gmail.com

Minggu, 19 Agustus 2012

Malam Lebaran, Ratusan Remaja Pawai Keliling Desa


Jepara - Ratusan remaja, anak-anak, dan orang tua warga desa Kedung Malang, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, menyambut malam lebaran dengan melakukan pawai keliling desa, Sabtu (19/8).
Gema takbir, tahmid, dan tahlil saling bersautan di segala penjuru desa. dengan semangat warga mebuat arak-arakan replika hewan yang dibuat dari bamboo dibungkus kertas karton.  
Seiring bersama kumandang takbir, warga berduyun-duyun menuju lapangan. Pawai dimulai dari lapangan desa Kedung Malang dengan menggunakan replika burung garuda, spongbob, gajah, dan yang lainnya.
Kemudian, replika tersebut diarak menuju makam Syekh Maulana Maghribi (mbah Sarean) dan mbah Duwok, wali Allah yang berada di Kedung Malang.
Kegiatan dilanjutkan dengan tahlilan bersama para warga dipimpin sesepuh desa. Selesai pawai mereka menuju masjid kedung guna melaksanakan takbir bersama.
Lurah Kedung Malang, Bambang mengatakan, kegiatan pawai keliling desa ini dilakukan rutin setiap tahun untuk menyemarakkan peringatan hari raya idul fitri.
“Biasanya pawai disertai dengan boneka replika yang dihiasi dengan kerlap-kerlip lampu hias,” paparnya.
Ahmad Shoim, salah satu peserta pawai menambahkan, peringatan hari raya lebaran ini sekaligus memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke 67.
“Pawai yang kami lakukan ini guna memperingati hari raya idul fitri 1433 H, sekaligus peringatan HUT RI ke 67. Dalam membuat boneka replica, para remaja iuran seikhlasnya sesuai dengan kadar kemampuan. Uang hasil iuran ini yang nantinya akan digunakan untuk membuat boneka tersebut,” tandasnya.
Perayaan ini, tambah Shoim, bertujuan meningkatkan jiwa nasionalisme dan gotong royong sesama warga. Para remaja di desa kami sangat antusias setiap kegiatan pawai lebaran yang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan remaja di desa kami ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites