Selamat Datang di Situs akhmadshoim.blogspot.com Cp. 082323989890 e-mail: soimah49@gmail.com

Minggu, 01 April 2012

Jepara Mempunyai Nilai Historis Yang Agung



Jepara mempunyai nilai historis yang agung.. potensi alam dan SDMnya pun melimpah.. budaya pesisiran campur pegunungannya juga unik.. 
Historitas jepara sebagai wilayah sea-port terbesar dan global ketika zaman Ratu Shima, Majapahit, Demak, Ratu Kalinyamat, RA. Kartini sampai akhirnya sea-port dialihkan oleh imperialis belanda ke semarang, jepara masih tetap memiliki kharisma historis yang agung.. 
Potensi Alam Jepara yang memiliki kemuliaan dari Allah berupa potensi kelautan, perikanan, persawahan, perkebunan dan hutan pegunungan yang cukup melimpah memerlukan kecerdasan berfikir akan diolah menjadi apa potensi tersebut?
Sumberdaya Manusia Jepara yang dimiliki terdiri dari santri, kyai/ulama/habaib, intelektual yang melimpah, pedagang, nelayan, petani dan profesi lain merupakan modal dasar dan menunjukkan Jepara adalah mampu memproduksi SDM yang melimpah dan mumpuni.. akan kah mereka terdayagunakan secara mandiri? 
Budaya yang unik Jepara yaitu perpaduan antara budaya pesisiran & pegunungan memberikan corak etos kerja yang unik di indonesia, sehingga seimbang antara realitas " kapitalisme dan sosialisme".. mungkinkah ini sebuah kekuatan ekonomi yang luar biasa? 
Kondisi diatas, membutuhkan nahkoda yang mempunyai cara berfikir yang cerdas dan konsep yang sistematis.. bagaimana menetapkan sebuah kebutuhan, pengelolaan, pengembangan dan regulasi yang jelas untuk kemakmuran masyarakat jepara.. 
Pertanyaannya.. kapan kita mulai bangkit kembali, reinterpretasi, reorientasi dan rekonstruksi jepara ke depan agar jepara gemah ripah loh jinawe.. melalui hari jadi jepara yang tidak hanya diperingati seremonial belaka, pawe belaka dan belaka belaka yang lain.. 


ayo temen2 budayawan kita gerak kan Budaya Jepara yang lama tidur, 
ayo temen2 PNS kita gerakkan budaya birokrasi yang prima,
ayo temen2 pedagang kita gerakkan budaya kerja yang mandiri
ayo temen2 ormas kita gerakkan budaya berkarya yang jelas dan baik
ayo temen2 guru kita gerakkan pendidikan yang bermutu
ayo temen2 agamawan kita gerakkan kesantunan dalam beragama
ayo kita semua bangkit-bangkit menuju kejayaan jepara...


Hisyam Zamroni (Kepala KUA Karimun Jawa)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites